Asah Bahasa Inggris Mu menggunakan Tiktok

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Taklukan dunia dengan Bahasa Inggris melalui kreatifitas kita di tiktok

By: Ovie Kholillatus Shofia

Guru Bahasa Inggris di SMK Informatika Pesat IT Xpro

Pengguna Tiktok mari kita kumpul. Kalian Tahu engga sih dengan Tiktok kita bisa menaklukan dunia. Loh kok Bisa ? Bisa dong, dengan pengguna sebanyak  1,46 Milyar di seluruh dunia ( menurut laporan Business of Apps, pada kuartal II 2022) tidak menutup kemungkinan kita bisa tiba tiba viral menggunakan aplikasi ini.

Siapapun dalam waktu sekejap bisa viral apabila video kita masuk sebagai FYP. Jadi, kita harus rajin membuat video yang menarik dan unik. Menarik dan unik saja tidak cukup menjadikan video kalian viral, tapi wajib diperhatikan isi konten dari videonya.

Isi konten yang seperti apa sih yang biasanya viral. jawabannya banyak dan tidak bisa ditebak. kita bisa melihat melalui video FYP yang mampir di beranda tiktok kita, pastinya akan berhungan dengan hal hal yang biasa kita buka. FYP di beranda kita pastinya video yang punya hubungan dengan hal hal yang kita cari menggunakan search engine di ponsel kita.

Video FYP disetiap pengguna tiktok akan berbeda, contohnya saja ketika pengguna suka dengan konten menari maka akan lebih banyak video FYP menari diberandanya. Bagi kalian yang suka dengan konten edukatif pastinya akan muncul viedo-video edukatif. kemudian, bagi kalian yang suka belajar Bahasa Inggris maka akan muncul juga video-video berhubungan dengan tips dan trik mahir berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Siswa siswi kelas X SMK Informatika Pesat IT Xpro berkesempatan untuk mengaplikasikan hobinya yaitu,  menonton dan membuat video tiktok di kelas Bahasa Inggris dengan tema “Help others using Tiktok”.

Semua siswa kelas X sepakat bahwa Tiktok dan sosial media lainnya dapat digunakan untuk membantu orang lain. Sehubungan dengan jurusan yang mereka ambil merupakan jurusan yang sangat dekat dengan teknologi masa kini, sehingga siswa siswi sangat antusias untuk melakukan projek akhir dari Capaian pembelajaran  teks prosedur yang disampaiakn oleh guru Bahasa Inggrisnya. 

Siswa siswi yang memiliki hambatan dalam berbicara bahasa Inggris pun mau mencoba untuk berbagi konten positif untuk mensyiarkan kebaikan dalam penggunaan teknologi. Namun, tentunya membuat konten Bahasa Inggris menggunakan tiktok bukanlah hal yang mudah karena bukan mahir menggunakan tiktoknya saja yang diperlukan, tapi juga cara membuat sebuah prosedur teks dalam bahasa Inggris yang layak untuk di share ke masyarakat melalui tiktok.

Bagi kalian yang mau mengikuti cara siswa siswi  SMK Pesat IT Xpro mengasah kemampuan Bahasa Inggrisnya, adalah sebagai berikut:

1. Pastikan mempunyai video contoh yang kalian tertarik.

2. Analisa Video contoh tersebut menggunakan Generic Structure, Unsur kebahasaan di teks procedure.

3. Memahami elemen elemen kebahasaan, fungsi sosial serta generic structure dalam teks  procedure.

4. Memilih tema berhubungan dengan teknologi yang akan disebarkan melalui tiktok

5. Membuat Draft teks prosedur

6. Konsultasi dengan guru mapel Bahasa Inggris mengenai teks prosedur yang dibuat.

7. Setelah dinyatakan diterima, silahkan persiapan untuk shooting

8. Setelah video jadi, akan diupload oleh akun tiktok milik pribadi masing masing

Kita bisa meniru kegiatan yang dilakukan oleh anak- anak kelas X tersebut. Bisa dibayangkan, apabila konten tersebut dirasa banyak manfaatnya oleh pengguna tiktok maka kita sebagai pembuat video juga akan mendapatkan banyak keuntungan salah satunya kita bisa menggunakan Bahasa Inggris secara komunikatif dan membaginya ke orang lain yang lebih membutuhkan. Semoga konten apa yang kita buat akan bermanfaat untuk orang lain, terus berkarya.

Source: https://www.kompasiana.com/shofiaok/6394bf8b08a8b508627c6922/asah-bahasa-inggris-mu-menggunakan-tiktok

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Asah Bahasa Inggris Mu menggunakan Tiktok

Taklukan dunia dengan Bahasa Inggris melalui kreatifitas kita di tiktok By: Ovie Kholillatus Shofia Guru Bahasa Inggris di SMK Informatika Pesat IT Xpro Pengguna Tiktok

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch