KATA SIAPA BELAJAR BAHASA INGGRIS SULIT? BERIKUT INI RAHASIA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Seperti yang sudah kita tahu bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Tapi, sadarkah kamu bahwa menguasai Bahasa Inggris bukan hanya akan mempengaruhi nilai mata pelajaranmu aja loh. Tapi akan mempengaruhi kualitas hidup kamu juga. Kok bisa? Yuk kita bahas.

Saat kamu menguasai Bahasa Inggris, maka saat itu juga kamu sebenarnya sedang menaikkan nilai diri kamu, plus sekaligus membuka banyak peluang karir. Mengapa demikian?

Bahasa Inggris punya Value Lebih

Kita bahas ini menggunakan analogi sederhana lewat sebuah kopi. Sekarang kita diskusi, saat kamu berkunjung ke sebuah kedai kopi, manakah dari dua istilah di bawah ini yang ‘terasa’ punya harga lebih mahal:

  1. KOPI HITAM
  2. BLACK COFFEE ORIGINAL

Terasa lebih ‘mahal’ dan prestige yang kedua bukan?

Ini menunjukkan bahwa Bahasa Inggris bisa menaikkan sebuah value.

Saat kamu memesan “KOPI HITAM” maka di benak kita tentu harganya tidak mahal. Hanya kisaran Rp2.000 sampai Rp3.000 saja. Beda halnya saat kita memesan “BLACK COFFEE ORIGINAL” di sebuah kedai Coffee Shop, di bayangan kita pasti harganya tidak mungkin 5ribuan kan? Minimal Rp20.000 sampai Rp25.000 harganya bisa signifikan 10x lipat hanya karena istilah Bahasa Inggris yang disematkan.

Hal yang sama juga berlaku saat kamu mampu menguasai komunikasi dengan Bahasa Inggris. Tentu nilai jual diri kamu akan jauh berbeda dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa saja.

Dengan tidak mengesampingkan pentingnya mendalami Bahasa Indonesia yang baik dan benar, belajar Bahasa Inggris juga sama pentingnya di era modern saat ini.

Hampir semua perusahaan multi-nasional & internasional saat ini menjadikan Kemampuan Bahasa Inggris sebagai persyaratan utama bagi kandidat pelamar kerja di perusahaan mereka. Hal ini karena perputaran bisnis & industri saat ini sudah mencakup dunia global antar negara.

Maka bisa dibayangkan, saat kamu menguasai Bahasa Inggris dengan baik maka berarti kamu punya peluang untuk bisa berkarir di industri dengan skala global.

Menarik bukan?

Bahasa Inggris Bikin Kamu Tambah Asik

Selain dalam konteks karir, menguasai Bahasa Inggris juga bisa bikin hidup kamu tambah asik dan enjoy loh! Karena kalau kamu sudah menguasai Bahasa Inggris, kamu tidak perlu lagi ketergantungan dengan subtitle saat menonton film-film favoritmu di platform digital ataupun di bioskop. Otomatis, kamu akan lebih bisa menikmati momen hiburan dan bersantai kamu karena kamu memahami setiap percakapan yang kamu lihat dan dengar! Seru kan?

Selain itu juga dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu tidak perlu takut untuk menentukan destinasi liburan bahkan ke luar negeri. Karena kamu bisa berkomunikasi dengan lancar, baik, bahkan kamu bisa mendapatkan lingkar pertemanan lebih luas lagi dari berbagai negara melalui sosial media.

Lalu, apa kunci utama menguasai Bahasa Inggris?

#1 PERKAYA KOSAKATA (Vocabulary)

Ini menjadi kunci utama. Banyak orang merasa Bahasa Inggris menjadi sulit karena pusing memahami tenses. Tahapan pertama yang perlu kamu lakukan adalah perbanyak kosa katamu. Semakin banyak kosakata, semakin bikin kamu luwes dalam berbicara atau menyusun kalimat di tahapan berikutnya.

Dan ajaibnya, saat kamu memperkaya vocabulary atau kosakata maka di saat yang sama juga kamu sedang melatih spelling dan pengucapan kamu untuk sebuah kata loohh.

#2 TENSES BUKAN RIBET, JUSTRU MEMBANTU KAMU MENATA BERBAHASA DENGAN BAIK

Kalau sudah belajar tenses rasanya mungkin duh pusing bangeeett! Banyak bangeet! Eits, bentar dulu. Tenses itu sebenarnya hanyalah untuk membantu kamu menata bahasamu agar lebih terstruktur loh.

Ketika kamu berbicara dalam konteks saat ini, maka kamu ditata dengan Present Tense

Saat kamu menceritakan atau membicarakan yang sudah lalu, maka kamu dibantu dengan tuntunan struktur bahasa dari Past Tense

Saat kamu ingin menyampaikan sesuatu yang belum terjadi atau yang ada di masa yang akan datang, kamu dituntun oleh Future Tense.

Sesimpel itu loh! 

Kuasai 2 tahap basic di atas, maka kamu akan mudah untuk mempelajari hal yang lainnya dalam bahasa Inggris. 

Gimana? Mudah kan?

Selamat memperdalam Bahasa Inggris! (Deby Rahmawati)

kalian bisa baca juga melalui link berikut :

https://www.kompasiana.com/debyrahmaaa/63870cb44addee7fa4166123/kata-siapa-belajar-bahasa-inggris-sulit-berikut-ini-rahasia-mudah-belajar-bahasa-inggris-untuk-pemula

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Asah Bahasa Inggris Mu menggunakan Tiktok

Taklukan dunia dengan Bahasa Inggris melalui kreatifitas kita di tiktok By: Ovie Kholillatus Shofia Guru Bahasa Inggris di SMK Informatika Pesat IT Xpro Pengguna Tiktok

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch